15 Oktober 2008

Welcome To www.tvedukasi.org

Dengan berlakunya kirikulum 2004 yang berbasis kompetensi maka terjadi pergeseran sistem pembelajaran menjadi berorientasi pada siswa. Kalau sebelumnya guru sebagai satu-satunya sumber siswa, kini menjadi fasilitator dan motivator. Sedangkan siswa harus lebih aktif mencari informasi dari berbagai sumber, sehingga pengetahuan siswa menjadi lebih luas dan beragam. Untuk memenuhi tuntutan kurikulum tersebut, pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional harus menyediakan berbagai sumber belajar sebagai salah satu contohnya adalah media televisi.

Siaran pendidikan di Indonesia yang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional dan hingga saat ini dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan ( Pustekkom Depdiknas ). TVE mulai mengudara dan dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia pada tanggal 12 Oktober 2004, yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional saat itu Prof. Dr. Malik Fajar.

Program yang disiarkan oleh TVE adalah progran formal, program non formal, program informal serta informasi kebijakan-kebijakan pendidikan dan informasi lainnya. Dalam perkembangan selanjutnya agar siaran TVE dapat menjangkau siswa dan masyarakat yang lebih luas. TVE melakukan perluasan daya jangkau melalui kerjasama siaran dengan stasion TV lokal swasta. Kerja sama ini mendapatkan sambutn posistif oleh TV lokal diberbagai daerah.


Sistem Siaran TV Edukasi :

Sistem siaran TVE menggunakan satelit digital yang langsung diterima di sekolah/kampus atau rumah dengan fasilitas penerima antena parabola, bekerjasama dengan stasiun TV Lokal, bekerjasama dengan operator TV Kabel dan bekerjasama dengan pemerintahan daerah. TVE disiarkan melalui satelit Telkom I, pada frekuensi siaran 3785 MHz. Symbol rate (SR) 4000 – LNB/LO 5150 – Video Pid 0308 – Audio Pid 0256 – PCR Pid 8190.

Waktu siaran TVE dari tahun ketahun selalu bertambah, mulai April 2007 TVE sudah melakukan uji coba siaran 24 jam penuh, dan sejak Juli 2006 lalu TVE dapat pula disaksikan melalui siaran TVRI Nasional setiap hari Senin - Kamis setiap pukul 07.15 – 09.30 dan 14.15 – 16.30 WIB. Yang berisi materi-materi siaran untuk siswa/i SMP, yang bermateri Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.


Visi TV Edukasi :

Menjadi siaran televisi pendidikan yang santun dan mencerdaskan


Misi TV Edukasi :

Menyiarkan program yang dapat mencerdaskan masyarakat, menjadi tauladan, menyebarkan informasi dan kebijakan Depdiknas serta mendorong masyarakat gemar belajar.

Tujuan TV Edukasi :

Memberikan layanan pendidikan berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional.

Sasaran TV Edukasi :

a. Peserta didik dari semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan.
b. Praktisi pendidikan.
c. Masyarakat
sumber : www.tvedukasi.org

Template by : kendhin x-template.blogspot.com